" KAMI YAPIPI FARM BERGERAK DI BIDANG PERIKANAN : BREEDING KOI, PEMBENIHAN GURAME DAN PEMBENIHAN PATIN. PETERNAKAN : KOLEKSI AYAM NUSANTARA, FETTENING DAN BREEDING DOMBA. PERTANIAN : BUDIDAYA SAYURAN DAUN. SERTA WISATA EDUKASI PERTANIAN. "
INDONESIAN AGRICULTURE HUMAN DEVELOPMENT FOUNDATION

Y A P I P I F A R M


Minggu, 22 Desember 2013

CARA KARANTINA KOI 2

Persiapan mengkarantina ikan yg baru datang secara sederhana dan mudah part I. 
Siapkan ember bulat kapasitas kira-kira 100 lt lengkap dengan penutup plus aerator. Usahakan di tempat yg terang namun terlindung dari panas dan hujan.
Cuci dan bilas ember dengan larutan garam jenuh atau permanganat.
Isi air karantina dengan air kolam, dan diaerasi. Cukup.
Persiapan mengkarantina ikan baru datang secara sederhana dan mudah Part II.
Siapkan ember lain dengan kapasitas sekitar 50 Lt. Letakkan berdekatan dengan ember karantina.
Cuci dan bilas sebagaimana mestinya.
Isi dengan air sumur bersih dan larutkan garam hingga hampir pekat.
Mandikan ikan dengan melepasnya beberapa detik sambil diusap sirip-sirip dan badannya.
Setelah ikan mulai meronta-ronta, pindahkan ke ember karantina.
Persiapan karantina ikan yg baru datang secara sederhana dan mudah Part III.
Periksa kondisi ikan dalam ember setelah dimasukkan. 
Tambahkan sedikit air baru (1/3) air dalam ember untuk merangsang dan penyegaran.
Amati perkembangan ikan dan tambahkan obat kutu bila tidak yakin bebas dari kutu atau telur kutu. Saatnya yg paling hemat menggunakan obat obatan. 
Cobalah bersantai dan nikmati keberadaan mereka.
Karantina ikan yg baru datang secara sederhana Part IV.
Sudah selesai karantina 3 hari, siap masuk kolam. Treatmen sebelum masuk kolam pembiusan utk memeriksa fisik luar. Luka dan infeksi bekas gigitan kutu yg tidak tampak sebelumnya kini tampak jelas semua dan otomatis proses karantina harus dilanjutkan sampai infeksi" tsb sembuh meskipun koi tampak sehat. Ikan yg sudah dikarantina biasanya masih lemah. Sebelum masuk kolam tentu harus discreening badannya. Pantokir istilah kerennya. Supaya tidak banyak meronta yg justru buat koi kondisi drop bahkan mati, dibius. 

Ada obat bius utk ikan dijual dan ikuti saja petunjuk pemakaiannya. Setelah agak hibernasi, badan ikan dibolak balik, diperiksa semua termasuk insangnya, badan dan sirip sirip bagian bawah, lipatan ketiak dsb. Harus cepat karena ikan tidak boleh lama-lama dalam pengaruh obat bius. Jadi sudah harus disiapkan sebelumnya dua wadah; satu tempat membius dan satu untuk menyadarkan. Setelah sadar, ikan bisa saja drop sebentar karena sisa sisa pengaruh obat bius. Jangan panik dan jangan diganggu, pastikan saja aerasinya bagus
Sumber : Om Gom Sirait

1 komentar:

Unknown mengatakan...

PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

menyediakan BIUSAF untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www TOKOPEDIA.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

Posting Komentar